Kamis, 19 Januari 2012

Protes Anti RUU SOPA dan PIPA Makin Ramai

Posted By: Mabrur - 03.22


altSetelah Wikipedia.org mematikan layanan online-nya selama 24 jam sebagai bentuk protes, Mozilla.org serta browser Firefox turut serta melancarkan protesnya kepada Senat Amerika yang saat ini sedang menggodok RUU SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act).
Jika Anda perhatikan, mulai Rabu kemarin (18/1), tampilan default Firefox maupun situs Mozilla menampilkan latar belakang warna hitam dengan logo bertuliskan "STOP CENSORSHIP". Hal yang sama juga dilakukan situs Reddit.com dan Wordpress.com



Secara garis besar, RUU SOPA dan PIPA ini adalah bentuk keprihatinan pemerintah AS dalam masalah pembajakan melalui internet. Dengannya, pemerintah AS bisa memblokir secara sepihak segala bentuk pelanggaran hak cipta dan menjeratnya dengan hukum yang berlaku.

Hanya saja, banyak yang tidak setuju dengan penerapan yang bakal dilakukan nantinya. SOPA dan PIPA dianggap bakal tidak tepat sasaran dengan menerapkan peraturan yang bisa membatasi hak pengguna internet dalam mendapatkan segala informasi.

Protes terhadap SOPA dan PIPA ini sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Seiring makin dekatnya waktu pengesahan UU tersebut yang direncanakan pada tanggal 24 Januari ini, gerakan protes para pendukung anti-SOPA dan PIPA pun makin kencang dikumandangkan.

Nama-nama besar yang telah lebih dahulu melancarkan protes dengan menulis surat terbuka kepada senat dan pemerintah AS dalam menentang hal tersebut di antaranya Google, Facebook, Twitter, Zynga, eBay, Youtube, Yahoo, AOL, serta LinkedIn. Para pengembang open source juga turut ambil bagian, di antaranya OpenSUSE, Fedora, serta LibreOffice. Tidak terhitung ribuan situs serta berbagai kalangan yang mendukung untuk membatalkan RUU SOPA dan PIPA.
Beberapa situs berupaya memberikan pemahaman dan penjelasan terhadap apa yang hendak dilakukan SOPA dan PIPA. Mereka juga menjabarkan dampak yang ditimbulkan jika RUU ini disahkan dan diterapkan. Wikipedia, Mozilla dan Reddit merupakan salah satu yang melakukan hal tersebut. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh bisa mengunjungi link berikut.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:SOPA_initiative/Learn_more)
(http://www.mozilla.org/sopa/?WT.mc_id=strike)
(http://www.reddit.com/#faq)

About Mabrur

Madeeha Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

Ads


Copyright © 2015

Designed by Templatezy