Senin, 05 Maret 2012

Cegah penyebaran kritik, Tajikistan Blokir Facebook

Posted By: Mabrur - 02.21



Tajikistan telah memblokir akses internet lokal ke Facebook dan dua situs lainnya. Pemblokiran ini disebabkan beredarnya artikel yang mengkritik Presiden Tajikistan, Imomali Rakhmon.

Disampaikan penyedia internet lokal pada Reuters, bahwa pemblokiran itu diperintahkan oleh layanan komunikasi yang dikelola oleh negara. Pengguna yang mencoba mengakses Facebook atau dua situs tadi, secara otomatis akan diarahkan ke halaman asal operator yang mereka gunakan.


Negara yang terletak di Asia Tengah itu memang dikenal ketat dengan kebijakan internetnya. Penguasa otoriter di Tajikistan bersikap waspada terhadap peran media sosial, yang juga berperan dalam revolusi di Arab dan protes massa di Rusia.

“Pagi ini kami melakukan perintah dari layanan komunikasi dan memblokir situs facebook.com, tjknews.com dan zvezda.ru,” ujar salah satu penyedia layanan internet lokal, seperti dikutip News Yahoo, Senin (5/3/2012).

Meski kabar pemblokiran telah beredar, tapi pihak layanan komunikasi bersangkutan menolak berkomentar, sementara pejabat pemerintah mengarahkan semua pertanyaan tentang pemblokiran ke layanan tersebut.

Seperti halnya negara-negara lain, di Tajikistan popularitas Facebook semakin meningkat. Sepanjang tahun lalu saja, anggota jejaring sosial terbesar itu melonjak dua kali lipat dan beberapa grup di Facebook secara terbuka mendiskusikan masalah politik dan beberapa pengguna lain bersikap kritis terhadap pihak penguasa.

Sedangkan situs zvezda.ru telah mempublikasikan sebuah artikel pada Jumat lalu berjudul ‘Tajikistan on the eve of a revolution’, lalu situs berita lokal tjknews.com menerbitkan kembali artikel tersebut.

Credit:http://techno.okezone.com

About Mabrur

Madeeha Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

Ads


Copyright © 2015

Designed by Templatezy